Penilaian Sistem Poin | aiko education

Wednesday, January 9, 2013

Penilaian Sistem Poin

Sebuah Opini tentang Sistem Penilaian di Sekolah
dan
Sebuah Ide untuk sistem Penilaian yang lebih praktis.
Penilaian Sistem Poin
(harga Modul dan Video Penilaian Sistem Poin Rp 100.000)

Saya sebagai seorang guru saat ini merasa ada yang kurang dengan sistem penilaian kita di sekolah.  Menurut Saya ada beberapa hal yang tidak dapat dimasukan dalam sistem penilaian kita ini, seperti :
  • Penilaian hanya menonjol pada aspek kognitif siswa, untuk aspek yang lain perangkatnya terlalu rumit untuk dijalankan.
  • Penilaian terlalu rumit untuk bisa membedakan siswa yang aktif dan siswa pasif. Penilaian keaktifan masih bingung mau dimasukkan dimana dalam perangkat penilaianya ? kemudian kalau ada blankonya terus mau diapakan ?
  • Bobot soal tidak masuk perhitungan nilai. Contoh 10 soal sulit dan 10 soal mudah. Untuk soal sulit anak mendapatkan nilai 8 dan soal mudah mendapatkan nilai 9. Dalam buku nilai guru, nilai 8 dan 9 tentu saja lebih besar 9, padahal jika kita melihat sejarahnya nilai 8 bobotnya lebih besar.
  • Nilai-nilai sikap seperti kesopanan, ketertiban, keterlambatan masuk kelas, dan pelanggaran-pelanggaran lainya terlalu rumit untuk dimasukan dalam aspek penilaian oleh guru kelas. Saat ini menggunakan nilai tingkah laku A – D, apakah nilai A – D tersebut ada efeknya?
  • Absensi, Nilai, Sikap, pelanggaran, Agenda Kegiatan Guru tidak dalam 1 halaman. Hal ini menjadikan guru kadang enggan untuk mengisi administrasi.
  • Banyaknya blangko administrasi dalam buku yang berbeda-beda, tidak saling melengkapi, data yang terpecah-pecah membuat kegiatan akhir semester menjadi hal yang sangat menakutkan.
  • Data yang terpecah membuat adanya kemungkinan hilangnya salah satu data, sehingga siswa pintar kadang dapat nilai biasa saja.
  • Perhitungan nilai akhir semesteran yang rumit. Perhitungan ini sekarang sudah dibantu dengan aplikasi dari mic. Excel akan tetapi tetap rumit juga karena memasukkan nilainya tidak dapat disesuaikan dengan keadaan sebenarnya. Jumlah ulangan harian dan tugas kadang tidak sama dengan kenyataanya.
  • Siswa tidak dapat memantau perkembangan dirinya sendiri karena nilai ada ditangan guru dan nilai siswa kurang transparan.
  • Orang tua kesulitan dalam mengecek kehadiran, nilai yang diperoleh hari itu, pelanggaran yang pernah dilakukan oleh putra-putrinya setiap harinya.
Semua kesulitan penilaian diatas, diharapkan dapat diatasi dengan penilaian sistem poin yang saya kembangkan.


Penilaian Sistem Poin
Penilaian sistem poin ini sudah saya coba untuk mapel saya sendiri dan mendapatkan respon baik dari siswa. Perlu diketahui saya belum mencoba untuk mapel lain dan untuk skala besar karena saya tidak mempunyai fasilitas untuk itu.
Dari pengalaman saya pribadi, saya dapat menyimpulkan beberapa keuntungan penilaian sistem poin ini antara lain :
  1. Siswa dilatih bertanggungjawab. Dalam penilaian sistem poin ini, data nilai setiap mata pelajaran di bawa oleh siswa sendiri, sehingga masa depan siswa ada ditangan siswa sendiri. Jika data nilai sampai hilang maka dia tidak mendapatkan nilai sebagai syarat untuk naik kelas dan pengisian raport setiap akhir semester.
  2. Siswa merasa selalu diperhatikan. Setiap poin ditandatangani oleh Guru, jadi siswa harus selalu menghadap guru beserta hasil pekerjaanya / tugas yang diberikan, dan guru langsung memberikan kritikan atau pujian terhadap hasil pekerjaan siswa yang bersangkutan.
  3. Poin dapat digunakan untuk : Nilai ulangan harian; Nilai tugas; Nilai tugas proyek; Nilai Tugas Rumah; Nilai keaktifan (siswa maju mengerjakan soal); Nilai kecakapan (lomba cepat-cepatan mengerjakan soal); Nilai ketertiban (absensi siswa); Pelanggaran (nilai negatif / poin dikurangi); Mid semester (dikalikan bobot mid); Ulangan Semester (dikalikan bobot UAS); Dan semua aspek penilaian di sekolah
  4. Bobot penilaian disesuaikan dengan tingkat kesulitan, kelompok / individu, kecepatan, keuletan, kerapian tugas, daya kreativitas dan lain-lain.
  5. Siswa dilatih untuk merencanakan seberapa besar Nilai yang akan dicapai. Data nilai dibawa oleh siswa sendiri, jadi siswa dapat merencanakan dan melakukan apa yang telah direncakan.
  6. Orang tua dapat memantau perkembangan putra/putrinya. Dengan semua data dibawa siswa sendiri dan dibawa pulang. Orang tua dapat melihat apakah di sekolah putra/putrinya berkelakuan baik, mengerjakan tugas dengan baik, dan datang ke sekolah.
  7. Siswa dilatih dalam berkompetisi dalam mendapatkan poin. Dengan memberikan poin yang berbeda pada setiap game (poin sebagai hadiah dalam game), setiap siswa merasa harus jadi pemenang sehingga siswa tidak bosan, mengeluarkan kemampuan semaksimal mungkin, sehingga pembelajaran di kelas jadi tidak membosankan dan pembangunan karakter berdaya saing kuat dapat tercapai.
  8. Siswa akan berusaha sebaik mungkin mengikuti kegiatan di kelas karena jika tidak, siswa tersebut tidak akan mendapat poin sehingga semua siswa dituntut aktif dengan tanpa disadarinya sendiri.
Penilaian Sistem Poin ini hanyalah sebuah konsep penilaian yang diduga dapat di jalankan di Sekolah. Kami tidak bisa menjamin hal ini dapat berjalan dengan sangat baik, karena belum ada penelitian lebih lanjut.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Penilaian Sistem Poin ini dan demi kelancaran penelitian-penelitian Kami selanjutnya, Buku penilaian sistem poin ini Kami tawarkan dengan harga Rp 100.000,-.(sudah termasuk ongkos kirim se-Indonesia melalui JNE paket OK)
Kami akan mengirimkan buku melalui jne dalam bentuk CD (dalam bentuk data Word, excel, power point dan Video) yang berisi :
  1. Buku Penilaian sistem Poin ( .doc)
  2. Penjelasan dalam bentuk Power Point ( .ppsx)
  3. Video Penjelasan Penilaian Sistem Poin (131 menit)
  4. File excel ( .xls ) perhitungan Nilai Akhir Semester (nilai raport) dengan hanya satu kali memasukan data yaitu jumlah poin siswa.
Harga Modul :
Penilaian Sistem Poin ini Kami tawarkan dengan Harga Rp 100.000,- (sudah termasuk ongkos kirim) 


Pengiriman :
Pengiriman melalui JNE paket OK (barang sampai 1 minggu - 2 minggu)
 

Catatan :
  • Anda tidak diperbolehkan memperbanyak (mencetak) untuk teman-teman Anda.
  • Anda tidak diperbolehkan mengupload data yang telah kami berikan ke media internet apapun, dan Anda tidak diperbolehkan menjual lagi.

Cara Pembayaran :
Transfer Rekening;
No Rekening BRI Cabang Glagah Mertoyudan Magelang
Atas Nama Haryono 
Nomor : 7476 01 001305 53 




    Aiko Education
    Telpon : 085713529481
    Alamat :
    Haryono
    Punduhsari Tempurejo Tempuran Magelang
    RT 04 RW 02 Jateng
    No Rekening BRI Cabang Glagah Mertoyudan Magelang
    Atas Nama Haryono
    Nomor : 7476 01 001305 53 
    Blog Penilaian Sistem Poin : http://aikoedu.blogspot.com/2013/01/penilaian-sistem-poin.html

    Download Modul untuk Bimbel SD dan SMP
    1. Kelas 4 Matematika IPS
    2. Kelas 4 IPA PKn Indo
    3.  SMP Kelas 8 Sem 2; 82 mb
    4. Modul Skill Count Jilid 5; 20 mb
    5. Modul SD Aqila Course Kelas 4 Sem 2; 33 mb
    6. Modul Science Skill 3; 9,2 mb
    7. Cara mencetak Modul Aqila Course
    8. Modul New Aqila Course IPA kelas 4
    9. Paket Soal IPA Kelas 4
    10. English Skill 4, 20 mb
    11. Cara Mencetak Modul Aqila Course SE
    12. Surat Pernyaaan dan Cara Pemesanan 
     

    No comments:

    Post a Comment