Soal Kelas 6 SD, Pengaruh kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan | aiko education

Monday, September 22, 2014

Soal Kelas 6 SD, Pengaruh kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan

Soal Kelas 6 SD, Pengaruh kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan




Soal Pilihan Ganda :
1. Makhluk hidup yang tidak termasuk anggota ekosistem hutan adalah . . . .
a. pohon jati
b. ular
c. harimau
d. padi

2. Padi, ular, siput, tikus, dan air termasuk ke dalam ekosistem . . . .
a. laut
b. sawah
c. ladang
d. hutan

3. Penebangan hutan yang terus-menerus dapat menimbulkan . . . .
a. rusaknya hutan
b. hujan lebat
c. panas terik
d. angin kencang
4. Penangkapan ikan di laut dengan menggunakan bahan peledak dapat menimbulkan rusaknya . . . .
a. air laut
b. pasir pantai
c. terumbu karang
d. tanaman pantai

5. Pupuk yang dibuat dari bahan alami adalah . . . .
a. urea
b. NPK
c. kompos
d. ZA


6. Pestisida yang termakan oleh kita berasal dari . . . .
a. sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci
b. alat makanan yang tidak dicuci
c. sayuran dan buah-buahan yang dicuci
d. alat makanan yang dicuci

7. Jika pemupukan di lahan pertanian terlalu banyak akan mengakibatkan . . . .
a. buah-buahan di pohon sangat lebat
b. tanah akan subur terus
c. pohon-pohon akan berdaun rimbun
d. pencemaran air di sekitar lahan pertanian

8. Berikut ini adalah hewan yang langka, kecuali . . . .
a. orang utan
b. badak
c. kuda
d. gajah

9. Perbuatan manusia yang dapat menimbulkan beberapa hewan menjadi langka adalah . . . .
a. penebangan hutan terencana
b. perburuan hewan yang terus-menerus
c. penggunaan pestisida yang berlebihan
d. penggunaan pupuk yang berlebih

10. Makhluk hidup di bawah ini yang berperan sebagai produsen adalah . . . .
a. kambing
b. ulat
c. rumput
d. manusia

11. Tempat berlangsungnya hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut . . . .
a. komunitas
b. adaptasi
c. populasi
d. ekosistem

12. Pembuangan limbah pabrik ke sungai dapat mengakibatkaan . . . .
a. tanah tandus
b. tumbuhan sungai hidup subur
c. sungai menjadi bersih
d. makhluk hidup di sungai menjadi mati

13. Kelompok hewan berikut ini yang dimanfaatkan kulitnya adalah ....
a. harimau, ular, singa laut
b. ular, singa, katak
c. buaya, kambing, gajah
d. komodo, burung, kucing

14. Kerusakan terumbu karang akan menyebabkan ....
a. laut menjadi indah
b. hewan laut kehilangan tempat tinggalnya
c. pencemaran
d. tumbuhan laut tumbuh dengan subu

15. Penggunaan pestisida yang berlebihan dapat menyebabkan . . . .
a. tanah menjadi subur
b. makhluk hidup lain yang tidak merugikan akan musnah
c. menyuburkan tanaman
d. mencegah pencemaran

16. Tempat tinggal makhluk hidup disebut ....
a. komunitas
b. habitat
c. populasi
d. ekosistem

17. Hewan yang diburu untuk dimanfaatkan atau diambil culanya adalah ....
a. gajah
b. badak
c. harimau
d. rusa

18. Berikut yang termasuk faktor abiotik dalam ekosistem, kecuali ....
a. udara
b. air
c. tanah
d. sawah
19. Zat kimia yang digunakan petani untuk menyuburkan tanaman adalah ....
a. pestisida
b. formalin
c. pupuk
d. DDT

20. Tumbuhan yang banyak dimanfaatkan karena tekstur kayunya bagus adalah ....
a. cendana
b. jati
c. jambu
d. pinus

21. Jenis tumbuhan yang sering digunakan manusia untuk membuat bahan bangunan, meja dan kursi adalah ….
a. jati
b. bambu
c. jambu
d. padi

22. Berikut ini jenis tumbuhan yang termasuk langka adalah ….
a. jambu air
b. durian
c. rambutan
d. raflesia

23. Berikut ini akibat buruk yang ditimbulkan oleh penebangan hutan secara liar adalah ….
a. tersedia air bersih
b. harga kayu murah
c. banyak tersedia kayu
d. terjadi tanah longsor

24. Hewan menjadi langka karena hal-hal berikut, kecuali….
a. banyak pemangsanya
b. diburu manusia
c. sedikit beranak
d. tidak dapat terbang





25. Berikut ini tindakan manusia yang menjaga ekosistem adalah ....
a. menebang tumbuhan
b. melindungi hewan langka
c. memburu sampai habis semua hewan
d. mengunakan zat kimia berbahaya

Link Soal-Soal SD :
Soal Kelas 6 SD, Koordinat
Soal kelas 6 SD, Volume dan Debet
Soal Kelas 6 SD, Bilangan Bulat
Soal Kelas 6 SD, Bumi dan Alam Semesta
Soal Kelas 6 SD, Gaya dan Energi



Soal Kelas 6 SD, Gaya dan Energi
Soal Kelas 6 SD, Faktor Penyebab Perubahan Benda
Soal Kelas 6, Hubungan Sifat Hantaran dan Kegunaan...
Soal Kelas 6 SD, Pelestarian Makhluk Hidup
Soal Kelas 6 SD, Pengaruh kegiatan Manusia terhada...
Soal Kelas 5 SD, Perkembangan Makhluk Hidup
Soal Kelas 6 SD, Ciri Khusus Makhluk Hidup
Soal Kelas 5 SD, Volume Kubus dan Balok
Soal Kelas 5 SD, Trapesium dan Layang-layang
Soal Kelas 5 SD, Satuan Ukuran
Soal Kelas 5 SD, KPK dan FPB
Soal Kelas 5 SD, Operasi Hitung
Soal Kelas 5 SD, Bumi dan Alam Semesta



Soal Kelas 5 SD, Cahaya
Soal Kelas 5 SD, Gaya dan Pesawat Sederhana
Soal Kelas 5 SD, Benda dan Sifatnya
Soal Kelas 5 SD, Adaptasi
Soal Kelas 5 SD, Tumbuhan Hijau
Soal Kelas 5 SD, Fungsi Organ Tubuh Manusia dan He...
Soal Kelas 4 SD, Bilangan Romawi
Soal Kelas 4 SD, Bilangan Bulat
Soal Kelas 4 SD, Keliling dan luas bangun datar
Soal kelas 4 SD, Sudut Panjang dan Berat
Soal Kelas 4 SD, Kelipatan dan Fakor



Soal Kelas 4 SD, Operasi Hitung
Soal Kelas 4 SD, Masalah Sosial
Soal Kelas 4, Perkembangan Teknologi
Soal Kelas 4 SD, Koperasi
Soal Kelas 4, Kegiatan Ekonomi berdasar Potensi da...
Soal Kelas 4 SD, Sikap Kepahlawanan dan Patriotism...
Soal Kelas 4 SD, Peninggalan Sejarah
Soal Kelas 4 SD, Keaneragaman Suku dan Budaya Sete...
Soal Kelas 4 SD, Sumber Daya Alam dan Kegiatan Eko...
Soal Kelas 4 SD, Kenampakan Alam dan Ragam Sosial
Soal Kelas 4 SD, Peta
Soal Kelas 4 SD, Sumber Daya Alam
Soal Kelas 4 SD, Kenampakan Permukaan Bumi dan lan...
Soal Kelas 4 SD, Energi dan Perubahanya



Soal Kelas 4 SD, Gaya
Soal Kelas 4 SD, Benda dan Sifatnya
Soal Kelas 4 SD, Hubungan antar Makhluk hidup
Soal Kelas 4 SD, Pengelompokkan Hewan
Soal Kelas 4 SD, Bagian Tumbuhan
Soal Kelas 4 SD, Bagian Tubuh Manusia dan fungsiny...
Soal Kelas 3 SD, Bangga sebagai bangsa Indonesia
Soal Kelas 3 SD, Harga diri
Soal kelas 3 SD, Norma di Masyarakat
Soal Kelas 3 SD, Sumpah Pemuda
coba
Soal Kelas 3, Luas dan Keliling
Soal Kelas 3 SD, Pengukuran
Soal Kelas 3 SD, Bilangan
Soal Kelas 3 SD, Uang
Soal Kelas 3 SD, Jual Beli
Soal kelas 3 SD, Kekerjaan
soal kelas 3 SD, kerjasama
Soal Kelas 3 SD, Denah dan Peta
Soal Kelas 3 SD, Lingkungan Sekitar Kita
Soal Kelas SD, Sumber Daya Alam
Soal Kelas SD, Sumber Daya Alam
Soal Kelas SD, Cuaca
Soal Kelas 3 SD, Permukaan Bumi
Soal kelas 3 SD, Gerak Benda dan Energi
Soal kelas 3 SD, Benda dan Sifatnya



Soal Kelas 3 SD, Kesehatan Lingkungan
Soal Kelas 3 SD, Perubahan pada Makhluk Hidup
Soal Kelas 3 SD, Makhluk Hidup
Soal SD Kelas 2, Budi Pekerta
Soal Kelas 2 SD, Musyawarah
Soal Kelas 2 SD, Lingkungan
Soal Kelas 2, Gotong Royong
Soal Kelas 2, Unsur-unsur Bangun datar
Soal Kelas 2 SD, Perkalian dan Pembagian
Soal Kelas 2 SD, Pengukuran, Waktu, Panjang, Berat...
Soal Kelas 2 SD, Bilangan
Soal Kelas 2 SD, Kerjasama di Lingkungan tetangga
Soal Kelas 2, Malaksanakan Peran Keluarga
Soal Kelas 2, Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga...
Soal Kelas 2, Peristiwa Penting dalam Keluarga
Soal Kelas 2, Dokumen sebagai sumber cerita
Soal Kelas 2, Koleksi Benda Berharga



Soal Kelas 2, Pengaruh Matahari terhadap Bumi
Soal Kelas 2 SD, Sumber Energi dan Kegunaanya
Soal Kelas 2, Bentuk dan Wujud Benda
Soal Kelas 2 SD, Tempat Makhluk Hidup
Soal Kelas 2 SD, Bagian tubuh hewan dan Tumbuhan
Soal Kelas 1 SD, Kewajiban Anak
Soal Kelas 1 SD, Hak Anak
Soal Kelas 1 SD, Tata Tertib
Soal Kelas 1 SD, Hidup Rukun
Soal Kelas 1 SD, Bangun datar
Soal Kelas 1 SD, Berat Benda
Soal Kelas 1 SD, Operasi Hitung
Soal Kelas 1 SD, Bangun Ruang
Soal Kelas 1 SD, Pengukuran waktu, panjang dan Ber...
Soal Kelas 1 SD, Penjumlahan dan Pengurangan
Soal Kelas 1 SD, Bilangan
Soal Kelas 1 SD, Kebersihan
Soal Kelas 1 SD, Lingkungan
Soal Kelas 1 SD, Peristiwa Penting dalam keluarga
Soal Kelas 1 SD, Hidup Rukun
Soal Kelas 1 SD, Kasih sayang
Soal Kelas 1 SD, Pengalaman
Soal Kelas 1 SD, Identitas diri
Soal Kelas 1 SD, Benda langit dan Cuaca
Soal Kelas 1 SD, Gerak Benda Energi
Soal Kelas 1 SD, Benda Disekitar Kita
Soal Kelas 1 SD Lingkungan Sehat
Soal Kelas 1 SD Memelihara Kesehatan Tubuh
Soal Anggota Tubuh kelas 1 SD




    No comments:

    Post a Comment